Kam. Des 19th, 2019

Portal Artikel Berita Unik Hari Ini

Hidup Jangan Dibawa Stress, Santai Aja!

Cyclist Berumur 20 Tahun Ini Mendonorkan Organnya ke 12 Orang

6 min read

Putra Liz Houghton berusia 20 ketika dia meninggal, dan organ-organ tubuhnya disumbangkan untuk 12 orang. Dia mendengar dari mereka berdua, tetapi ingin sekali berhubungan lebih banyak. Bisakah inisiatif baru membantu kerabat seperti dia?

Iz, putra Houghton, Will menjalani kehidupan terbaiknya ketika dunianya berhenti. Pada 2016, superfit yang berusia 20 tahun itu terbang melalui pedesaan Hampshire dengan sepedanya ketika ia dirobohkan oleh sebuah mobil. Dia meninggal karena lukanya.

Di rumah Houghtons di Buckinghamshire, Will yang tinggi dan tampan tersenyum keluar dari potret keluarga. Sepeda balap merah cerah yang dibelinya tetapi tidak pernah dikendarai – tiba dua minggu setelah kematiannya – tergantung di dinding.

Houghton ingat dia akan turun di pagi hari dan mendapati dia duduk dengan wajah merah dan berlumpur di dapur, setelah bersepeda sejauh 50 mil sebelum sarapan: “Dia akan mengisi wajahnya dengan bubur dan berkata, ‘Kita hidup di negara yang begitu indah, Bu. “Itulah yang diberikan bersepeda kepadanya.”

“Dia memiliki kehidupan terbaik. kami ingin semua orang memiliki sedikit dari apa yang dimiliki Will,” katanya. Dan, dalam satu hal, 12 orang melakukannya – jantungnya berdetak di dada lelaki lain, hatinya mengubah kehidupan seorang balita dengan penyakit langka dan mata cokelatnya yang “indah” membantu empat orang lain melihatnya. Yang diinginkan ibunya sebagai balasan adalah “mengetahui bahwa fakta bahwa Will meninggal begitu muda telah mengubah hidup orang lain”. Tapi dia hampir tidak mendengar tentang orang-orang yang diuntungkan. “Ini sangat menjengkelkan. Saya tahu hati putra saya yang berusia 20 tahun ada di luar sana dan saya ingin tahu orang itu bangun dan berpikir: “Ada seorang anak lelaki yang melakukan itu untuk saya.”

Beratnya luka Will berarti Houghton dan suaminya, Richard, dikawal oleh polisi ke rumah sakit di Southampton di mana ia diterbangkan setelah kecelakaan itu. “Saya menghidupkannya kembali setiap hari,” katanya. “Kamu setengah berpikir yang terburuk karena kamu berada di dalam mobil polisi. Ketika kami sampai di sana, mereka membawa kami ke sebuah ruangan dan dokter bertanya: “Apa yang Anda ketahui?” Saya katakan saya tahu itu buruk. Dia berkata: “Ini tidak dapat diselamatkan.” Ini seperti buldoser yang memukulmu. ”

Mahasiswa sains olahraga yang bersemangat dan bersemangat, yang cintanya termasuk politik AS, reality TV dan Skittles, telah vokal tentang keputusannya untuk bergabung dengan register donor. “Begitu kami tahu kami tidak punya harapan, semuanya menjadi tentang organ-organnya,” kata Houghton. “Jika seseorang mengatakan kepada saya sebelum kecelakaan: ‘Kami ingin memiliki mata Will,’ saya akan mengatakan: ‘Tidak mungkin.’ Dia sangat tampan. Tetapi ketika itu terjadi, saya ingin mereka mengambil setiap bagian dari dirinya. Saya tidak ingin satu hal terjadi di tanah. ”

Keluarga dapat memilih untuk menerima surat yang berisi informasi dasar tentang penerima, yang tiba sekitar dua minggu setelah sumbangan. Mereka juga ditanya apakah mereka ingin menerima surat terima kasih seandainya ditulis. Tetapi sementara lebih dari 90% keluarga donor mengatakan mereka ingin dihubungi, hanya 20% penerima yang menulis.

Houghton, yang ikut mendirikan merek pakaian Mint Velvet, bekerja sama dengan NHS Blood and Transplant (NHS BT) – otoritas kesehatan yang bertanggung jawab atas layanan transplantasi – atas prakarsa yang dapat meningkatkan jumlah surat yang dipertukarkan. Disebut Tidak Melupakan Donor, tujuannya adalah untuk meningkatkan dukungan dan materi yang tersedia bagi penerima yang ingin menulis, tetapi tidak yakin bagaimana cara melakukannya.

Angela Ditchfield, seorang perawat donasi organ yang membantu inisiatif ini, mengatakan: “Apa pun yang dapat kita lakukan untuk membuat perjalanan kesedihan dan berkabung lebih baik adalah hal yang baik. Keluarga donor mengatakan itu adalah sesuatu yang mereka temukan menghibur. Mereka ingin mendengar bahwa orang yang mereka cintai telah membantu menyelamatkan hidup seseorang. ”

Psikologi yang terlibat sangat kompleks, dan Ditchfield menyarankan beberapa penerima menganggapnya menakutkan. “Mereka pikir ‘terima kasih’ tidak cukup,” katanya. “Tetapi bagi keluarga donor, saya pikir hanya itu yang mereka inginkan; pengakuan bahwa orang yang mereka cintai telah membantu seseorang dan mengembalikan kehidupan mereka. Jika kita dapat memberikan dukungan dan informasi kepada penerima untuk melakukan itu, maka keluarga yang ingin menerima surat mungkin mendapat satu. “Houghton setuju:” Saya pikir orang-orang begitu khawatir tentang menyinggung kita atau mengatakan hal yang salah – atau mereka merasa bahwa sudah terlambat. Ada ide ini mereka harus menulis surat besar dan muncul di One Show. Tapi yang ingin saya ketahui adalah bahwa hidup Will itu penting. ”

Tahun lalu, keluarga Houghton menerima surat pertama mereka – biasanya dibutuhkan penerima sekitar dua tahun untuk menulis surat kepada donor – dari seorang wanita yang batitanya telah menerima hati Will. Penulis khawatir surat itu dapat membuat mereka kesal, dan akan “sulit” dibaca, tetapi Houghton mengatakan pengakuan dan terima kasih itu menyembuhkan. “Bagi kami, putra Anda adalah pahlawan kami,” tulis Houghton. “Aku memikirkan putramu setiap hari.”

Katie Morley, koordinator penerima untuk NHS BT, mengatakan penting untuk diingat bahwa penerima tidak boleh merasa tertekan dalam penulisan, karena mereka mungkin berurusan dengan masalah fisik dan mental setelah operasi mereka. Juga, tidak setiap transplantasi memiliki akhir yang bahagia: dua organ Will gagal. “Transplantasi adalah prosedur yang diharapkan akan menghasilkan kualitas hidup yang lebih baik,” kata Morley. “Tetapi penerima masih memiliki masalah kesehatan.” Obat-obatan yang diresepkan setelah transplantasi, misalnya, sering menyebabkan getaran tangan, yang akan membuatnya sulit untuk ditulis. Morley menambahkan: “Beberapa pengobatan dapat memengaruhi suasana hati Anda dan meningkatkan emosi Anda selama periode yang sudah sangat emosional. Memilih apakah akan berkorespondensi dengan keluarga donor atau tidak harus dipaksakan kepada siapa pun. ”

Tahun depan, undang-undang akan berubah di Inggris dan Skotlandia – tetapi tidak di Irlandia Utara – dari memilih untuk masuk ke sistem keluar (sesuatu yang sudah berlaku di Wales). Lebih dari 6.200 warga Inggris sedang menunggu transplantasi yang menyelamatkan jiwa di Inggris, tetapi rata-rata tiga dari mereka meninggal setiap hari.

Para juru kampanye dan profesional medis telah lama berargumen bahwa keharusan untuk secara aktif mendaftarkan persetujuan Anda telah membatasi pasokan organ. Pada saat ini kira-kira dua pertiga keluarga yang mendekati tentang donasi setuju; NHS BT bertujuan untuk tingkat persetujuan 80%. Wales memiliki tingkat persetujuan tertinggi dari semua negara Inggris, yaitu 77%, naik dari 58% pada 2015 ketika undang-undang berubah. Tetapi, meski begitu, hanya 1% orang yang meninggal dalam keadaan (seperti unit perawatan intensif rumah sakit atau unit gawat darurat) yang memungkinkan mereka untuk menjadi donor.

Ditchfield berpikir publisitas seputar perubahan undang-undang akan mendorong orang untuk berbicara. “Saya pikir, sebagai masyarakat, kami tidak suka berbicara tentang kematian dan kematian. Beri tahu orang yang Anda kasihi apa yang Anda inginkan. ”

Ketika dia tidak menerima surat lebih lanjut tentang Will, Houghton menggunakan layanan NHS untuk menjangkau penerima lain. (Surat itu dikirim ke pusat transplantasi penerima, dan mereka ditanya apakah mereka ingin membacanya.) Kemudian surat kedua tiba, ditulis oleh putra seorang pria yang, jelasnya, tidak banyak berbicara bahasa Inggris. Setelah lebih dari satu dekade dialisis, kehidupan ayahnya telah diubah oleh transplantasi ginjal dari Will, dan bagi Houghton perasaan bahwa “sesuatu yang baik telah keluar dari semua kesedihan” sangat luar biasa. “Terima kasih sepertinya tidak cukup, tetapi hanya itu yang bisa saya tawarkan kepada Anda,” tulisnya. “Terima kasih telah membawa individu yang berani dan tanpa pamrih ke dunia ini. Terima kasih atas Will. “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.